...new season, new hope, and new spirit...

Obafemi Martins


Obafemi Martins Akinwunmi  lahir pada 28 Oktober 1984 dia adalah pesepakbola Nigeria yang bermain sebagai striker. Martins dikenal karena kecepatannya dalam membawa bola. Lahir di Remedika, Martins bergabung dengan klub sepak bola  FC Ebedei, dia direkrut oleh manajer klub Churchill Oliseh yang melihatya ketika bermain di jalan-jalan kampung, kemudian bakatnya mulai tercium oleh klub - klub di Eropa. Di usianya yang baru genap 16 tahun Martins memutuskan untuk meninggalkan Nigeria. Dia bergabung dengan salah satu klub sepak bola di Italia  AC Reggiana yang bermain di Serie C. Setahun kemudian di tahun 2000 Martins dikontrak secara permanen oleh AC Reggiana. Dia pun menjadi tim inti di tim junior AC Reggiana.





Karena bakatnya yang menjanjikan, Perugia dan Inter Milan tertarik untuk merekrutnya, namun akhirnya Inter yang berhasil mendapatkan Martins dengan nilai transfer sebesar € 750.000 pada tahun 2001. Di musim pertamanya Martins berhasil mencetak 23 gol untuk tim junior Inter yang dibawanya menjuarai kompetisi Under -18 Italia, berkat penampilanya yang bagus di tim junior, pelatih Inter saat itu Roberto Mancini menariknya ke tim senior Inter. Martins melakukan debut pertamanya di Serie A ketika pertandingan Inter melawan Parma pada bulan Desember 2002.

Semasa di tim junior Inter


Martins baru bermain secara reguler di musim 2002 – 2003. Di musim yang sama Martins melakukan debut pertamanya di Liga Champions ketika Inter berhadapan dengan Newcastle United, di St James Park. Martins mencetak gol pertamanya di Liga Champions pada pertandingan melawan Bayer Leverkusen 04, golnya tersebut mengamankan tempat Inter di babak perempat final. Dia kembali mencetak gol di semifinal ketika Inter melawan musuh abadinya AC Milan, namun walaupun berhasil mencetak gol Martins gagal membawa Inter ke final, karena Inter kalah gol tandang  dari AC Milan.


Mencetak gol pertamanya di Liga Eropa
Inter vs Bayer Leverkusen

Karena performanya yang bagus pada tahun 2005 Inter memperpanjang kontraknya selama 5 tahun. Dikabarkan nilai kontraknya sebesar € 2.500.000 per tahun. Penampilanya yang bagus di Inter membuatnya terpilih menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk membela timnas Nigeria di Piala Afrika 2006. Namun pada bulan Agustus 2006 keadaanya berubah ketika Inter mendatangkan dua striker baru yaitu Hernan Crespo dan Ibrahimovic, merasa terlalu banyak sainganya di lini depan di Inter, yang akan menutup peluangnya menjadi pemain inti, Martins meminta klub untuk menjualnya.





Gol – gol Martins selama berkostum Inter

Meskipun ia berhasil menunjukan performa yang apik  dengan Inter, mencetak 28 gol untuk klub di 88 pertandingan liga serta 11 gol dalam kompetisi Eropa, dan berhasil membawa Inter meraih Scudetto 2005-06, 2 Coppa Italia 2005, 2006 , dan 2 Piala Super Italia 2005, 2006, Martins dilego ke Newcastle United. Setelah berpetualang dari Newcatle, Wolfsburg, dan Birmingham City , kini Martins bermain di Liga Rusia bersama Rubin Kazan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar