...new season, new hope, and new spirit...

Sejarah Kostum Inter

Sejak didirikan pada tahun 1908, Kostum Inter sangat melekat dengan garis hitam dan biru. Hitam dipilih untuk mewakili malam, dan biru dipilih untuk mewakili langit. 





Selama selama Perang Dunia II, Inter dipaksa untuk menanggalkan warna kostum kebesaranya yaitu hitam dan biru. Pada tahun 1928, nama Inter dan filosofi Inter membuat Partai Fasis yang saat itu berkuasa di Italia resah. Akibatnya, pada tahun yang sama klub yang baru berusia 20-tahun itu dilebur dengan Unione Sportiva Milanese, menjadi sebuah klub baru yaitu Societa Sportiva Ambrosiana.








Bendera kota Milan (palang merah dengan latar belakang putih) menggantikan hitam dan biru yang sudah menjadi tradisi kostum Inter. Setelah Perang Dunia II. Ketika rezim fasis jatuh di Italia dari Inter kembali dengan nama dan warna ciri khasnya.







Pada tahun 2008, ketika Inter merayakan seratus tahun umur klub Inter menggunakan kostum dengan salib merah di baju tandang Mengingatkan pada bendera kota mereka yaitu Milan.




Kostum 2011/2012




Kostum Inter 2011/2012 tak jauh beda dengan musim sebelumnya, kostum yang memakai  teknologi yang cukup canggih dan ramah lingkungan.
Material dasar kostum berasal dari bahan hasil daur ulang,  dan beratnya 13 persen lebih ringan dari kostum musim lalu yang akan membuat pergerakan pemain menjadi lebih baik dan lincah.


Jersey musim 2011 - 2012 yang di buat oleh Nike yang menjadi sponsor apparel Inter tetap tidak menghilangkan ciri klasik nya, dengan warna dominan biru dan ditambah garis-garis vertikal berwarna hitam.

Perbedaan mendasar adalah di kostum tandang yang saat ini memakai kerah.



Home

Away 






Kostum 2010/2011


Sejak dibentuk pada 1908 seragam utama Inter Milan berwarna hitam dan biru yang diaplikasikan dalam ornamen strip. Julukan I Nerazzurri (hitam-biru) pun lantas melekat. Selain itu, Inter Milan juga mempunyai julukan Il Biscione dan Il Serpente. Keduanya sama-sama berarti ular. Bedanya, yang pertama adalah ular rumput besar, dan kedua adalah ular naga. Ular merupakan lambang kekuatan kota Milan.


Kendati ular juga menjadi simbol Inter, sejak disponsori Nike, mereka belum pernah menggunakan unsur ular dalam desain jersey. Musim ini berbeda, untuk pertama kalinya, mereka mengambil inspirasi dari kulit ular dan diterapkan ke dalam kostum kandang.


Nike sebagai kit provider sengaja merancang kostum kandang yang berbeda. Strip hitam putih memang dipertahankan, tapi garis stripnya tak lagi lurus alias dibuat zig-zag dan menyerupai kulit ular.


Bagian kerah juga berbeda. Jika musim lalu berbentuk melingkar, kini berbentuk huruf V. Bentuk leher yang berarti victory atau kemenangan itu pun sengaja dibuat longgar agar pemain bisa bernapas maksimal.

Keberadaan unsur ular yang lebih ekstrem ada di kostum tandang. Gambar ular naga dibawah ketiak kiri memanjang kebawah, sementara kepalanya di lengan kiri. Gamabar ular naga itu memiliki corak berwarna hitam dan biru yang merupakan ciri khas Inter.

Warna utama kostum tandang sendiri tetap sama seperti musim lalu yakni putih. Perbedaannya, selain terdapat gambar ular naga, kerah tak lagi berbentuk bulat melainkan huruf V. Bentuk ini sama persis dengan kerah yang ada pada kostum kandang.


Selain itu, rancangan kostum tandang musim ini terinspirasi kostum tandang Inter musim 1964/65. Tentu ada maksudnya, pada musim itu Inter berhasil mempertahankan trofi Liga Champions yang sebelumnya juga mereka raih pada musim 1963/64.Bobot kostum sekarang 13 persen lebih ringan ketimbang kostum sebelumnya. Zona ventilasi udara juga diterapkan disamping kaus tepatnya dibawah ketiak sampai kebawah. Sistem ini bisa meningkatkan aliran udara hingga tujuh persen jika dibandingkan kostum sebelumnya.


Home



Away







Kostum 2009/2010



Dengan kostum ini Inter mencatatkan rekor baru yaitu tim dari Italia yang pertama meraih Treble Winners , mungkin nanti kostum ini yang akan paling dicari oleh para fans inter karena mengandung nilai historis bagi Inter. 



Home






Away 








Kostum 2008/2009



Masih dengan garis garis biru dan hitam gelap, yang agak sedikit berbeda adalah logo Pirelli yang biasanya berwarna putih kini berwarna emas yang membuat kostum ini sedikit mencolok, Diproduksi oleh Nike, kostum ini menawarkan banyak kelebihan, bahanya yang ringan dengan kualitas terbaik yang akan membuat para pemain merasa nyaman mengenakanya. Sedangkan kostum tandang didominasi warna putih dengan logo Pirelli bewarna hitam.



Home
Away 




Kostum 2007/2008


Pada musim 2008/2009 Inter Milan (Internazionale) merayakan musim keseratus mereka dengan meluncurkan kostum Inter yang didisain khusus. Masih dengan garis-garis biru dan hitam yang sudah menjadi tradisi, ditambah dengan kerahnya yang agak sehingga terlihat vintage, yang berbeda adalah adanya tulisan "1908 - 2008 100 Anni Inter" yang mengelilingi logo Inter.



Kostum Inter ini terbuat dari 100% polyester yang diproduksi oleh raksasa produsen peralatan olah raga Nike.



Sedangkan untuk kostum tandang Inter didominasi warna putih dengan salib merah, dan strip merah di unjung lengan. Logo Nike ada di sebelah kiri kostum, dan Sponsor klub Pirelli, terletak di bawah logo klub.


Home




Away 









Kostum 2006/2007


Kostum  home Inter pada musim ini masih didominasi garis hitam dan biru, dengan kerah berwarna putih. Untuk logo Inter setelah 2 musim sebelumnya letaknya ada di tengah kostum, di musim ini letaknya kembali ke dada kiri. Sedangkan ntuk kostum away didominasi oleh warna putih, untuk sponsor berwarna biru.

Home

Away



Kostum 2005/2006


Untuk musim 2005/2006 tidak jauh berbeda dengan musim sebelumnya, letak logo Inter masih ada di bagian tengah kostum. Untuk kostum home masih didominasi warna biru dan hitam. Untuk kostum away dominan dengan warna putih dengan garis hitam di ujung lengan dan bagian bawah kostum. Tulisan sponsor Pirelli berwarna kuning dengan latar biru dan hitam. 



Yang spesial untuk musim 2005/2006 khusus untuk laga - laga di Liga Champions Inter menggunakan kostum away yang hampir serupa dengan kostum away Inter di tahun 1997/98 ketika memenangkan Piala UEFA, penggunaan kostum tersebut dimaksudkan agar semangat kemenangan ketika memenangkan Piala UEFA 1997/98 bisa membawa Inter meraih Liga Champions di musim ini.

Home



Away

3rd







Kostum 2004/2005



Kostum inter untuk musim 2004/05 , tampak terlihat lebih simple dengan garis hitam dan biru yang berukuran besar. Yang berbeda dari musim sebelumnya adalah letak logo Inter yang tahun sebelumnya ada dibagian dada kiri, untuk musim ini letaknya ada dibagian tengah kostum. Namun untuk kostum home masih didominasi oleh garis hitam dan biru. Sedangkan untuk kostum away didominasi warna putih dengan sedikit warna biru.

Home

Away





Kostum 2003/2004



3 komentar:

  1. kepengen mengoleksi semua jersey inter, walau didominasi dengan hitam dan biru tetap saja pola dan alur yang berbeda membuat tiap musim terasa unik....

    BalasHapus