...new season, new hope, and new spirit...

Christian Chivu

Cristian Eugen Chivu lahir 26 Oktober 1980 di Resita, Rumania. Chivu merupakan sakah satu bek kiri terbaik di dunia, jika dibutuhkan Chivu bisa bermain juga sebagai centerback. Setelah empat tahun bersama Roma yang telah dia persembahkan gelar Coppa Italia, Chivu meninggalkan Roma dan menandatangani kontrak 5 tahun dengan Inter Milan pada 27 Juli 2007. Inter harus mengeluarkan € 16 juta, ditambah bek muda berbakat Marco Andreolli untuk mendatangkan Chivu dari Roma. Padahal sebelumnya Chivu diberitakan menjadi rebutan Barcelona dan Real Madrid.

sesaat tiba kota di Milan

Musim pertamanya bersama InterChivu ikut membawa Inter meraih gelar Scudetto Serie A yang tidak pernah dia raih selama di Roma. Saat Inter melawan Manchaster United  pada pertandingan Liga Champions 2008/2009 di kandang Manchester United, Chivu bermain dengan baik, dia berhasil menghadang serangan Rooney dan Cristiano Ronaldo, dan Chivu pun menjadi Man of the Match pada pertandingan itu.

Menghadang Cristiano Ronaldo


Pada tanggal 6 Januari 2010 ketika Inter melawan Chievo di Serie A, Chivu mengalami cidera parah dikepalanya setelah kepalanya berbenturan dengan striker Chievo Sergio Pellissier. Para dokter berupaya keras untuk mengobati retaknya tulang tengkorak Chivu. Akhirnya setelah 2 jam di meja operasi Chivu melewati masa masa kritis. Meskipun prediksi dokter Chivu tidak bisa bermain pada sisa musim, namun ia kembali bermain pada 24 Maret dengan mengenakan pelindung kepala, semenjak itu Chivu selalu mengenakan pelindung kepala.


Berbenturan dengan Sergio Pellissier
Ditandu ke luar lapangan
Cidera Chivu
Kini Chivu selalu menggunakan pelindung kepala


Sebulan kemudian Chivu mencetak gol pertamanya untuk Inter dalam pertandingan melawan Atalanta. Pada tanggal 22 Mei 2010, ia berada di starting lineup-Inter Final di Liga Champions melawan Bayern Munich, dan Inter pun keluar menjadi juara Liga Champions setelah menang 2-0 , itu menjadi gelar Liga Champions pertama untuk Chivu. 


Chivu fasih berbahasa Italia, Belanda, Spanyol dan Inggris serta Rumania Negara asalnya. Saat ini ia menikah dengan Adelina Elisei dan memeliki seorang anak perempuan bernama Natalia.Menurut majalah Calcio Italia, Chivu membuka beberapa sekolah sepak bola di seluruh Rumania.


Istri dan anak Chivu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar