...new season, new hope, and new spirit...

Neftchi 1-3 Inter (4/10/2012) Liga Europa/Grup H



FC Internazionale meraih kemenangan pertamanya di babak grup Liga Europa. Melawat ke markas Neftchi, pasukan Andrea Stramaccioni tanpa kesulitan berarti menghajar sang tuan rumah 3-1. 

Raihan tiga angka ini membuat Nerazzurri mengoleksi empat poin dari dua pertandingan. Adapun Neftchi tetap menyimpan poin satu dan belum sekalipun mendulang kemenangan. 
Babak Pertama


Inter langsung melakukan gebrakan sesaat setelah pluit paruh pertama dibunyikan. Di menit kesepuluh, Nerazzurri sukses membuat publik tuan rumah terbungkam. Phillippe Coutinho membobol gawang tuan rumah setelah dia memanfaatkan umpan dari Fredy Guarin. 1-0 Inter memegang kendali laga.

Tiga menit berselang, Guarin yang sebelumnya memberikan operan bola matang pada Coutinho, kini dia berusaha untuk menamakan dirinya di papan skor. Sayangnya, sepakan eks Porto ini masih belum tepat sasaran, menabrak tembok pertahanan Neftchi.




Neftchi coba untuk mengejar ketertinggalanya, namun sepakan Rashad Sadygov masih belum cukup untuk mengancam gawang Inter yang dijaga oleh Samir Handanovic.

Mahir Shukurov mencoba melepaskan tendangan spekulatif di menit ke-24. Alih-alih membalas skor, tendangannya malah melayang jauh tak menjumpai target, terlalu kencang.


Inter kembali menebar ancaman pada menit ke-27 melalui aksi Coutinho. Kali ini ia mengancam  lewat  esekusi tendangan bebas. Namun, masih belum dapat menjebol gawang Neftchi.

Akan tetapi, tiga menit kemudian, peluang Inter tidak terbuang sia-sia. Adalah Joel Obi yang menjadi aktor dibalik terjadinya gol kedua. Kembali Guarin menjadi sang penyervis andal dengan melesatkan umpan tarik kepada Obi. Nama terakhir pun tanpa kesulitan menjebol gawang yang dikawal Sasa Stamenkovic. Inter semakin menjauh memimpin.


Tuan rumah mencoba bangkit keluar dari tekanan. Julius Wobay coba menguji Handanovic. namun upaya si striker belum cukup mampu untuk menaklukkan sang kiper yang dengan sigap menggagalkan aksinya.

Petaka kembali harus dihadapi Neftchi setelah Bruno Bertucci melakukan kesalahan yang lantas dimanfaatkan dengan sempurna oleh Marko Livaja tiga menit menuju halftime. Pasukan Andrea Stramaccioni pun makin di atas angin. Sampai rehat, skor 3-0 tak lagi berubah.

Babak Kedua

 

Di awal babak kedua Neftchi langsung tancap gas. Di menit ke-48, aksi Sadygov cukup memberikan ancaman tersendiri bagi pertahanan Inter, untungnya hanya berbuah sepak pojok. Pun dua menit kemudian, tuan rumah tak mampu menuntaskan peluang dengan sempurna, tendangan bebas dari Sadygov masih dapat dimentahkan oleh pertahanan Inter. 

Pada menit ke-52, Handanovic kembali harus bekerja keras menggagalkan tendangan dari Shukurov sebelum akhirnya tuan rumah sanggup memperkecil ketinggalan melalui Nicolas Canales. Gol bermula ketika Canales dengan mantap mengonversi umpan Wobay. Neftchi masih harus "kejar setoran" dua gol lagi.
 

Armada Stramaccioni berusaha untuk kembali menjauh. Sayangnya, upaya Livaja di menit ke-62 masih dapat ditepis oleh Stamenkovic.

Tuan rumah mendapatkan kesempatan dalam situasi serangan balik cepat pada menit 78. Setelah Inter gagal memanfaatkan tendangan penjuru, pasukan Neftchi langsung bergerak cepat ke area pertahanan Nerazzurri, namun pada akhirnya finishing yang kurang sempurna berujung tanpa gol.

Massimo Moratti hadir langsung ke stadion 
untuk memberikan dukungan

Empat menit sebelum bubaran, Handanovic lagi-lagi menunjukkan kelasnya dengan membendung tendangan bebas berbahaya yang dieksekusi Bertucci di pengunjung laga, dan dari posisi yang sama, tendangan Shukurov juga masih bisa dimentahkan oleh mantan koper Udinese tersebut.

Sampai laga berakhir, hanya satu gol yang bisa dilesakkan Neftchi di babak kedua dan mereka pun harus puas dipaksa bertekuk lutut oleh Inter, 3-1, di hadapan pendukungnya sendiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar